Selasa, 29 Desember 2009

pembayaran listrik

Di jaman modern seperti sekarang ini, listrik menjadi salah satu kebutuhan yang amat penting bagi kehidupan manusia. Di dalam rumah tangga, kantor, bisnis maupun industri, listrik menjadi prasyarat utama agar semua aktivitas kehidupan manusia berjalan mudah, lancar, aman, dan nyaman. Sungguh adalah sebuah kenyataan bahwa aktivitas kehidupan modern sangat bergantung pada ketersediaan energi listrik.
PT. PLN (Persero) sebagai perusahaan milik Negara yang bergerak dalam penyediaan dan penjualan tenaga listrik terus berupaya agar tenaga listrik tetap tersedia dalam kuantitas dan kualitas yang diinginkan pelanggan. Namun untuk itu, kesediaan pelanggan untuk memenuhi kewajibannya dalam membayar tagihan listrik tepat waktu akan sangat membantu, demikian pula kewajiban untuk menjaga dan memelihara instalasi listrik di lokasi pelanggan. Sinergi antara PT. PLN (Persero) dan pelanggan dalam memenuhi hak dan kewajiban masing-masing akan membantu dalam menjaga kontinuitas aliran tenaga listrik yang disediakan bagi pelanggan.
Pada dasarnya penjualan listrik dilakukan secara kredit, yang berarti bahwa pelanggan menikmati penggunaan tenaga listrik terlebih dahulu baru kemudian membayar biaya pemakaian tenaga listriknya. Dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat pada umumnya dan pelanggan pada khususnya, PT. PLN (Persero) senantiasa melakukan perbaikan berkelanjutan dalam hal pelayanan. Salah satunya adalah dengan memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam melakukan pembayaran tagihan listrik.
Sistem pembayaran tagihan listrik dirasakan semakin lama semakin berkembang. Dahulu pelanggan harus membayar tagihan listrik di loket yang telah ditentukan melalui media rekening listrik dalam bentuk fisik, dimana petugas loket harus mencari rekening milik pelanggan yang datang membayar secara manual sehingga membutuhkan banyak waktu untuk menemukan rekening pelanggan yang dimaksud.
Namun saat ini sejalan dengan tuntutan pelayanan dan teknologi PT. PLN (Persero) telah mengembangkan sistem pelayanan pembayaran tagihan listrik dari sistem konvensional menjadi sistem on-line. Dengan sistem ini pelanggan dapat melunasi tagihan listriknya selain melalui loket-loket pembayaran atau payment point konvensional, pelanggan juga dapat melakukan pembayaran melalui bank-bank yang bekerja sama dengan PT. PLN (Persero) dengan datang langsung ke bank-bank yang dimaksud atau melalui ATM-(Automatic Teller Machine / Anjungan Tunai Mandiri)nya. Pelayanan pemberian informasi besarnya tagihan rekening listrik pun dapat diperoleh pelanggan melalui telepon atau SMS (Short Message Service) dengan menggunakan handphone tanpa harus datang ke loket PLN sehingga pelanggan dapat memperoleh informasi secara cepat dan akurat, tanpa harus melakukan pemborosan waktu dan tenaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar